Jenis-jenis Pidato

jenis pidato

Tulisan ini saya upload dari englishindo.com thanks buat info dan ilmunya.

Setidaknya ada empat jenis pidato yang patut kita ketahui bersama. Jenis pidato ini menyangkut persiapan orang yang akan menyampaikan pidato. Dari keempat jenis pidato ini, mungkin ada di antara salah satunya pernah disampaikan oleh sobat pecinta bahasa Inggris dalam kontes lomba pidato. Ya, pengetahuan akan jenis pidato ini sangat penting seperti halnya memenangkan lomba pidato, bukankah demikian?
Keempat jenis pidato tersebut adalah Impromptu, Extremporaneous, Manuscirpt, dan Memoized. Untuk lebih jelasnya, langsung saja, tidak usah menunggu lama, berikut ini adalah penjelasan mengenai  jenis-jenis pidato yang  bisa dipahami bersama-sama :
1) Impromptu
Impromptu bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai pidato yang tanpa persiapan terlebih dahulu. Pembicara pidato biasanya diundang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya sehingga ia mungkin belum mempersiapkan pidato yang akan disampaikan. Pidato Impromptu ini sering terjadi dalam pertemuan bisnis ataupun organisasi.
2) Extemporaneous
Extemporaneous speech, atau lebih dikenal dengan singkatan Extemp, pada dasarnya adalah sebuah perlombaan pidato yang sering diadakan di tingkat SMA / perguruan tinggi. Jelas pidato extemp ini berbeda dengan Impromptu, sang pembicara pidato biasanya diberi informasi terlebih dahulu tentang topik apa yang akan disampaikan sehingga ia bisa dengan leluasa menyiapkan pidatonya dengan matang.

3) Manuscript

Jenis pidato yang ketiga adalah manuscript. Dalam Bahasa Indonesia, manuscript diartikan sebagai “naskah”. Artinya, pidato manuscript adalah pidato yang disampaikan dengan membaca sebuah naskah. Bukan karena sang pembicara pidato tidak bisa materi, namun karena pidato ini memang seharusnya disampaikan dengan membaca naskah. Pidato ini umumnya disampaikan ketika menyampaikan kebijakan, kontrak, MoU dan lain sebagainya, dimana pidato harus disampaikan sesuai naskah yang ada.
4) Memorized
Jenis pidato memorized ini dilakukan ketika pembicara harus menulis naskah pidato kata demi kata dan menghafalkannya sebelum disampaikan kehadapan publik. Biasanya pidato ini dilakukan karena membaca naskah pidato terlihat kurang pantas.
Nah, dari keempat pidato di atas, pernahkan sobat menyampaikannya? Jika pernah, pidato jenis apa yang sering sobat sampaikan? Apakah pidato impromptu, extemp, manuscript, atau memorized? Silahkan pilih sendiri jenis pidatonya ya.
Semoga saja pemaparan singkat mengenai jenis jenis pidato di atas bisa menambah wawasan kita semua akan pentingnya memahami pidato. Oia, apakah sudah ada yang bisa menyampaikan pidato bahasa Inggris jenis impromptu tidak ya? Jika ada, berarti sudah sukes tuh..
Rujukan :

Types of Speeches. (n.d.). OurSpeeches | Speech Library, Public Speaking Tips, and Speech Writing Techniques. Retrieved May 29, 2013, from http://www.ourspeeches.com/speech-tips-and-secrets/Types-of-Speeches/29

About these ads
Categories: Pendidikan | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Jenis-jenis Pidato

  1. Reblogged this on Home Five.

  2. Menurut saya Jenis pidato Manuscript itu haruslah dihindari, bagaimanapun kondisinya.
    Mengapa seperti itu ? Karena ini akan menyebabkan Audien seperti mendengarkan Dongeng Sebelum Tidur, sehingga semua akan terlelap saat materi selesai dibacakan.
    Bagaimana menurut Anda ?
    Salam kenal :), kunjungi website kami ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: