RPP ku RPP mu..

by risko

RPP atau dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, atau guru b. inggris mengenalnya dengan Lesson Plan..tp kl skrg sdah berganti disama ratakan dengan guru bidang yang lainnya yaitu rpp.

RPP memang menjadi sebuah kewajiban bagi seorang gurudlm melaksanakan tugasnya selaku pengajar dan pendidik, tapi juga menjadi sebuah masalah juga ini sperti dua belah mata pisau kl diibaratkan..

bagi anda yang mengajar di smp ni ada contoh mdah2n membantu..dan juga anda bisa download RPP nya di 4shared.com

linknya:

http://www.4shared.com/office/8ssvmpJ/rpp__berkarakter_7-1_2011.html

http://www.4shared.com/office/wS2ITYpv/rpp_berkarakter_7-2_2011.html

http://www.4shared.com/office/WnsCrjo-/rpp_berkarakter_8-1_2011.html

http://www.4shared.com/office/dttVv5c_/rpp_berkarakter_kl_8-2_2011.html

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SMP                                     :Nama sekolah

Kelas/Semester             : VII (Tujuh) / 2

Standar Kompetensi      : 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat

Kompetensi Dasar         : 7.1Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta.

Jenis teks                        : Transactional Interpersonal

Tema                                 : Job

Skill                                   : Mendengarkan

Alokasi Waktu              : 4 x 40 menit

1.      Indikator

a. Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa

b. Merespon ungkapan meminta dan memberi barang,

c. Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta.

2.      Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:

a. Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa

b. Merespon ungkapan meminta dan memberi barang,

c. Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta.

d. Mendapatkan informasi dari dialog yang dipelajari

e. Mengetahui jenis pekerjaaan

f. Mengisi dialog rumpang

#Karakter siswa yang diharapkan :

Dapat dipercaya ( Trustworthine

Rasa hormat dan perhatian (respect)

Tekun (diligence)

Teliti

Berkerja sama

3.      Materi Pembelajaran

         Ungkapan-ungkapan yang dipelajari yaitu:

a. Ungkapan meminta dan memberi jasa,

b. Ungkapan meminta dan memberi barang, serta

c. Ungkapan meminta dan memberi fakta

4.      Metode Pembelajaran: three-phase technique, audio-lingual,

5.      Langkah-langkah Kegiatan

A.Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi dan mengkondisikan siswa

  • Mengabsen siswa
  • Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B. Kegiatan Inti

Eksplorasi

1. Memprlihatkan gambar pekerjaan

2. Mendengarkan dialog yang berkaitan dengan ungkapan yang akan dipelajari

Elaborasi 

1. Mendengarkan penjelasan materi yang akan dipelajari

2. Mendengarkan dialog mengenai ungkapan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta

3. Melafalkan dialog tersebut

4. Mengsisi dialog rumpang ungkapan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta

5. Memberikan penghargaan kepada murid yang menjawab dengan benar

6. Memberikan latihan soal

Konfirmasi

1. Memberikan konfirmasi terhadap hasil kegiatan exlorasi dan elaborasi

2. Memberikan refleksi

C. Kegiatan Penutup

1. Menanyakan kesulitan siswa selama KBM

2. Menyimpulkan materi yang sudah dipelajari

3. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

7.      Sumber belajar

English in Focus, Artono Wardiman dkk, PP depdiknas,2008, (hal 102, 124)

Contextual Teaching Learning,Th Kumalarini dkk,  PP depdiknas, 2008 (hal 94,144)

Script percakapan dan/atau rekaman percakapan

Gambar-gambar yang relevan

8. Penilaian

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

a. Merespon ungkapan meminta dan memberi jasab.Merespon ungkapan meminta dan memberi barang,c.Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta. Tes  TulisTes TulisTes Lisan Merespon ungkapanMeresponUngkapanTrue or False 1. Listen to the dialogues from the tape and fill in the blanks with words in the box. 2. Listen to the dialogues from the tape and fill in the blanks with words in the box.3. Decide the statements are true(T)  or false (F)

a. Instrumen:

1. Listen to the dialogues from the tape and fill in the blanks with words in the box.

Dialogue 1

  • Can you pass the book
  • Can I help you
  • Can you park it there
  • Here are nice shoes
  • Yes, please
  • Yes, it is
  • Thank you.
  • Thanks
  • Expensive
  • Cheap

A : 1)                                      , please?

B : Yes, sure. Here you are.

A :2)                       .

Dialogue 2

A : Is this your bicycle?

B :3)                       .

A :4)                                       ? It’s not safe here.

B : OK. Thanks.

Dialogue 3

A :5)                       ?

B :.6)                      I’m looking for a pair of shoes.

A :7)                       .

B : But they are 8)                               . I want the 9)                       ones.

A : That’s OK. They are discounted.

B : 10)                   

2. Listen to the dialogues from the tape and fill in the blanks with words in the box.

Tea                         coffee

Bun                         drink

Ice cream               bread

 

Dimas                     : May i have a …………….and two slices of …………….?

Assistant                : Yes, of course. Do you want a…………or a……………?

Dimas                     : I want a cup of tea please.

Dimas                     : May I have a………………., please?

Assistant                : I am sorry. We serve …………..but not coffee here.

3. Decide the statements are true(T)  or false (F)

  1. 1.       Taking exercise every day is not good
  2. 2.       Eating delicious and sweet food is good for your health
  3. 3.       Keeping your mind positive will help your body to stay healthy

 

b. Pedoman Penilaian

1. Untuk instrument 1 tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2

2. Nilai maksimal = 10

3. Nilai Siswa =

  1. Rubrik Penilaian 1

Uraian

Skor

Isi benar, tata bahasa benarIsi benar, tata bahasa kurang tepatTidak menjawab

2

1

0

Mengetahui;Kepala SekolahRISKO

NIP.

Ceyy…………20…..Guru Mapel Bahasa Inggris,  RISKONIP.
Categories: Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: