Guru yang Baik?

by risko

Beberapa hari yang lalu sya mngulas tentang guru yang frustasi, sekrang bgaimana menjadi guru yang baik. Memang susah menjadi hal demikian tapi kadang guru itu ada yang baik dlam hal dia mengusasi pengetahuannya ataupun ada juga yang baik dlam hal berkomunikasi dengan siswanya. tentu hal itu menjadi sebuah dilema atau kegalauan sbgai seorang guru…Banyak orang, trmasuk siswa mngakui bahwa mengajar yang baik seringkali tidak terkait dengan pengetahuan dan kerampilan dbandingkan dengan sikap terhadap siswa, mteri yang diajarkan dan pkerjaan itu sendri. lalu bgaimana krakterisktik guru yang baik itu>? berikut kriteria guru yang bercrikan baik:

1. memiliki keasdaran akan tujuan

2. memiliki harapan akan kberhasilan bagi smua siswa

3. mentoleransi ambiguitas

4. menunjukan kmauan berdaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa.

5. merasa kurang nyaman jika kurang mengetahui

6. mencerminkan komitmen pada pkerjaan mereka

7. belajar berbagai model

8. menikmati pkerjaan dan siswa mereka.

Wah rasanya brat skali jika melihat kriteria ini ya,,,heheh

Lebih lanjut dalam situs http://www.ripplesofimprovement.com terungkap TOP 10 Guru yang baik diantaranya:

1. Confidence, atau keyakinan diri sendiri. Guru yang baik tetap memiliki kepercayan diri walaupun merasakan sebuah kemunduran. Ini digunakan kitika bnyak guru yang gugup apalagi meraka yng mengajar siswa pada usia remaja.

2. Patience, Kesabaran. Guru yang baik harus sabar dalam hal menerangkan mata pelajaran berusaha terus menerus menjlaskan, mengetahui dan akhirnya menerima hal tersebut. Guru yang baik tidak lari dari sbuah kekacaun tapi sbar dalam menghadapinya menunggu momen yang terbaik.

3. True Compassion for their students, memiliki rasa kasih sayang sejati kepada muridnya, guru terbaik adalah guru yang peduli terhadap siswanya dan ingin membantunya. mereka bahkan memiliki indera keenam ketika siswa membutuhkan perhatian ekstra dan memberikannya dengan senang hati.Bahkan mereka msih peduli terhadap siswa walaupun sudah diluar tembok sekolah.

4. Understanding,  Pemahaman. Guru yang baik memiliki pemhaman yang baik akan pengajaran atau bagaimana mengajar. mereka tidak memiliki teknik yang kaku dan bersikeras menggunakannya. Tapi guru harus fleksibel dalam gaya mengajar dan menyesuiakannya setiap hari dlam mengajar jika perlu. tentunya pemahaman ini secra menyeluruh baik dalam metode mengajar bahkan psikologinya.

5. The Ability to look at life in a different way and to explain a topic in a different way, Kemampuan melihat hidup dengan cara yang berbeda dan menjelaskan topik dengan cara yang berbeda.Ada banyak gaya mengajar dikalangan siswa. tdak semua siswa dapat menyerap pembelajaran dengan cepat, Guru harus mengetahui hal itu dan harus memberi perlakukan yang berbeda. guru yang baik tdak menngunakan satu cara untuk semua pokok bahsan yng disajikan. guru melakukan pengajaran berdasarkan cara siswa belajar, miski ini bkan pekerjaan mudah. Cara guru bekerja mungkin sukses bagi sebagian siswa tapi gagal untuk siswa yang lainnya. Guru yang baik adalah yang mampu mengajar untuk gaya belajar yang berbeda, jika siswa tdak memahami pelajran, mereka mengajar dengan cara yang berbeda.

6. Dedication to excellence, dedikasi untuk keunggulan, Guru yang baik memiliki dedikasi dan menginginkan pencapaian yang terbaik bagi siswanya dan diri mereka sendiri. Mereka tidak mentoleransi guru lain menjelek-jelekan guru lainnya didepan siswa. Mereka akan melakukan kebaikan untuk menunjukan bahwa guru juga manusia. mereka mendorong siswanya menjadi orang baik, tdak hanya dalam konteks pelajaran tapi juga penerapannya. mereka ingin semua siswa dapat menerapkan pelajaran dalam kehidupan bkan hanya sekedar lulus tes belaka…

7. Unwavering support, Teguh dalam memberikan dukungan, Guru2 terbaik tau bahwa stiap siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran jika memiliki guru yang terbaik. mereka tidak menerima bahwa siswa adalah penyebab kegagalan pembelajaran. mereka mendorong siswa frustasi untuk berprestasi dan memberikan keyakinan yang besar kepada siswanya. Guru yang baik akan selalu ada disamping siswa jika dia  memerlukan bantuan dan dorongan ekstra.

8. Willingness to help student achieve, Kesediaan untuk membantu siswa mencapai prestasi. Guru yang baik tidak “berhenti mengajar” ketika bell berbunyi. tapi mereka mengadakan sesi tambahan untuk persiapan prestasi siswa (TPS/SAT). dan karenanya mereka memberikan pelajaran tambahan bagi siswa setelah sesi kelas. mereka menyadari bahwa prestasi bkan hanya sebatas nilai tapi rasa prestasi dalam hal menguasai pelajaran adalah yang terbaik sehingga guru bersedia bersama siswa dalam hal meraih rasa prestasi itu.

9. Pride in student’s accomplishments, Bangga atas prestasi siswa. Guru terbaik merayakan keberhasilan siswa walaupun siswa tersebut slah, merekapun merayakan semua keberhasilan siswa bahwa semua siswa telah mampu melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuannya. mereka optimistik, dan positif.

10. Passion for life, Bergairah untuk hidup. guru yang baik tdak hanya tertarik pada bidangnya tapi juga harus bersemangat dalam tugasnya. Mereka memiliki energi lebih yang bercahaya dan memberi pewarnaan positif sebanyak mungkin. mereka menghadapi tugas sebagai tantangan, bukan rutin semata. mereka mengambil bola “kurva alam semesta” dan memainkannya dan memngubahnya sebisa mungkin. mereka adalah manusia biasa tapi selalu ada alasan untuk membuat siswa terus maju..

Dari sekian bnyak hal diats mungkin masih bnyak yang belumkita capai karena ini semacam komitmen, apakah anda guru? jika ya lakukanlah dan enjoylah….

semoga bermanfaat…amien

Categories: Pendidikan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: